Minggu, 19 Februari 2012

Resume Bahasa Pemograman 1

·        *   Definisi komputer
Dijaman yang serba digital dan computerize saat ini mengakibatkan kehidupan kita tidak bisa lepas dari yang namanya komputer. Kata komputer sebenarnya berasal dari Bahasa Yunani: COMPUTARE yang berarti menghitung. Berdasarkan arti tersebut, maka secara harafiah komputer bisa diartikan sebagai sebuah alat elektronika yang memiliki kemampuan untuk melakukan pengolahan data informasi yang berupa teks, gambar maupun suara untuk menghasilkan output yang kita kehendaki.

·         * Definisi Bahasa Pemograman
Bahasa Pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk memprogram komputer, yang dibagi menjadi tiga level bahasa yaitu bahasa tingkat rendah (low level language), bahasa tingkat menengah (Middle level language) dan bahasa tingkat tinggi (high level language).
Saat pertama kali komputer dibuat sekitar tahun 1940an, bahasa yang digunakan bahasa mesin (machine language) yang merupakan bahasa tingkat rendah. Bahasa ini dibentuk dengan kode-kode mesin yaitu menghubungkan antarsirkuit, yang bahasanya sulit untuk dipelajari. Untuk mengatasi kesulitan bahasa tingkat rendah tersebut, maka selanjutnya ditemukan bahasa tingkat menengah, contohnya Assembly (bahasa rakitan). 
Namun assembly juga dirasa masih agak sulit dipelajari dan dirasa kurang terstruktur dan tidak efisien, maka pada tahun 1957, ditemukan bahasa tingkat tinggi pertama kali yaitu FORTAN (Formula Translator). Bahasa tingkat tinggi memiliki ciri seperti bahasa manusia sehari-hari.

·         * Definisi Operating System
Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar